Installasi Joomla di Localhost (offline)

February 1, 2009 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - TIps dan triks

Joomla merupakan salah satu aplikasi CMS (content management system) yang karena kemudahannya dalam mengelola konten banyak sekali dipakai oleh para pembangun homepage (webmaster).  Apabila pada control panel domain hosting kita sudah disediakan fantastico script untuk menginstall joomla, maka installasi joomla sangat mudah sekali dilakukan. Namun  apabila kita ingin mengisi kontennya secara online maka akan terasa agak berat karena harus bolak balik ke menu content – article manager, apalagi kalau contentnya sudah banyak disiapkan.

Untuk itu akan sangat efektif dan efesien sekali apabila setelah kita menginstall joomla di hosting domain name (on line) selanjutnya Joomla diinstall juga di local komputer (localhost)  sehingga proses uploading data dapat dilakukan hanya dengan men transfer sql database nya saja.

Oke to the point saja, secara Offline / localhost dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Persiapkan System di PC kita dengan beberapa software pendukungan yang harus diinstall, yaitu

– Web Server Apache (min versi 1.13)

– PHP (min versi 2.2)

– MySQL (min versi 3.23)

Untuk dapat dijalankan pada sistem operasi windows, Joomla membutuhkan 3 komponen yang harus diinstall, yaitu Apache, PHP dan mySQL. Ketiga komponen itu sudah all in dalam program WampServer (Windows, Apache, MySQL, PHP), anda dapat mendowloadnya disini:

WampServer

Jalankan file installasi, maka selanjutnya menu Wampserver akan muncul pada tray di kanan bawah windows anda.

apabila installasi telah berjalan dengan baik, maka anda dapat mengujinya melalui internet exsplorer, dengan mengetikan alamat http://localhost, maka kalau installasi berjalan dengan baik akan muncul halamam informasi tentang konfigurasi server komputer anda (Server Configuration).

2. Setelah lingkungan untuk Installasi Joomla semuanya di install, maka Joomla telah siap diinstall di komputer. langkah pertama adalah kita harus mempunyai file installasi joomla, anda dapat mendownloadnya di joomla.org atau download disini:

Download Joomla versi 1.5 (5,4 Mb)

– Extract file tersebut dan copy ke direktory www di komputer anda.

– Jalankan file instalasi Joomla melalui internet explorer, dengan alamat http://localhost, maka anda akan dibawa secara otomatis ke halamam http://licalhost/installation/index.php

– Pilih konfigurasi bahasa yang akan dipakai, kemudian klik next

– Joomla akan melakukan pengecekan system/PreInstallation Check), apakah telah memenuhi syarat atau tidak, sebaiknya sesuaikan system kita sesuai dengan yang direkomendaikan oleh Joomla, salah satu yang tidak sesuai dengan rekomdasi joomla adalah Display Error yang masih On, matikan dengan meng-klik  menu Wamp Serve, pilih menu PHP Setting-Display Errors, kemudian klik tombol CheckAgain, maka sekarang semua setting sudah berwarna hijau. Klik Next untuk masuk ke menu Perjanjian GNU

– Selanjutnya klik tomobl Next untuk menyetujui perjanjian GNU GPL, klik Next untuk melanjutkan.

– Settnng selanjutnya adalah database MySQL, anda diminta untuk memasukan database yang digunakan pada Database coonfiguration; isi Hosname dengan localhost, Isi Username dengan root dan password dengan password yang digunakan untuk mengakses MySQL pada settingan nomor 1 di atas. Pada kolom Database Name isikan dengan nama database yang akan anda pakai, sebaiknya nama database disesuaikan dengan fromat penamaan database pada hostingan yang akan anda pakai, biasanya diset dengan settingan : namadomain_joXXX tanya operator hostingan anda apabila diperlukan, kemudian isi table prefix dengan default database joomla yaitu jos_. Klik Next.

– Selanjutnya akan muncul menu FTP Configuration, klik Next, Konfigurasi ini dapat diset dikemudian hari.

– Selanjutnya akan muncul menu Main Configuration , Isi SItename Your email, Admin Password, sesuai dengan keinginan anda, dan sebaiknya klik juga Install Sample Data sebagai contoh isian dalam joomla nanti. Klik Next.

– Selanjutnya Joomla akan mengakhiri installasi dengan tampilan perintah untuk tidak lupa menghapus direktori /installasi pada www. anda, lakukan langkah itu, maka selanjutnya joomla anda telah siap dioperasikan.

Selanjutnya tinggal masukkan artikel yang ingin kita tulis dalam konten, setelah content nya semua masuk, kita upload file my sql di local host ke phpmyadmin di server domain.

Ada pertanyaan? tulis di comment aja deh 🙂

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share
Blog ini adalah versi lama dari heldi.net, silahkan kunjungi Blog baru di www.heldi.net