Membuat Website Joomla anda lebih SEF (Berteman Dengan Search Engine)

February 11, 2009 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - TIps dan triks

Robot dari sebuah search engine akan membaca alamat dari website kita dan menyimpan datanya dalam database mereka, sehingga website kita akan ditampilkan ketika ada yang mencari dengan kata kunci tertentu dan kata kuncinya sesuai dengan alamat homepage kita.

Masalahnya adalah ketika kita pertama kali menginstall joomla ternyata alamat dari halaman dalam content akan dimunculkan berdasarkan nomor id dan namanya, sehingga agak memusingkan bagi pembaca yang berwujud manusia ataupun robot,

misal; http://namadomain.com/index.php?option=com_daftar-hotel-bogor&view=categories&Itemid=173

ini sebuah contoh yang menunjukan alamat content yang berisi tentang daftar hotel, dengan link seperti ini, maka robot dari search engine tidak akan fokus menyimpan daftar hotel bogor sebagai keyword bagi halaman konten kita. Intinya agar halaman kita peluangnya lebih besar untuk ditampilkan di search engine, maka para pengguna joomla sebaiknya men-set joomla nya agar lebih Search Engine Friendy. Caranya?

Masuk ke administrator website, kemudian masuk ke Global Configuration pada menu Site. Dalam menu Global Configuration, pada kanan atas terdapat settingan “Search Engine Friendly URLs“, beserta mod-rewrite nya juga pilih YES.

Satu tahap sudah selesai, dengan merubah setting ini tampilan (link-link) halaman depan homepage dijamin akan SEF (search engine friendly) misalnya link ke menu daftar hotel bogor yang tadinya:

http://namadomain.com/index.php?option=com_daftar-hotel-bogor&view=categories&Itemid=173

maka akan berubah menjadi:

http://namadomain.com/daftar-hotel-bogor

lebih enak dibacakan?! begitu pula bagi robot search engine, dia akan menyinpan alamat link tersebut dalam data basenya, sehingga kalau ada yang mencari daftar hotel di bogor maka link kita akan muncul dihasil pencarian search engine.

Namun apabila kita masuk ke halaman lain dalam website kita selain dari halaman depan, maka dijamin tampilannya akan kacau balau tidak karuan seperti website pecah 🙂 Namun tidak usah takut, solusinya gampang, kita tinggal merubah nama satu file yang bernama “htaccess.txt” dirubah menjadi “.htaccess” (titik htaccess) file tersebut berada pada root direktory joomla. Gunakan File Manager pada Cpanel dari hostingan anda untuk merubah file tersebut.

Demikian mudah-mudahan berguna.

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share
Blog ini adalah versi lama dari heldi.net, silahkan kunjungi Blog baru di www.heldi.net