PIHAK-PIHAK YANG TERKAIT DENGAN PELELANGAN (PENGADAAN BARANG/JASA)- Seni Membuat Surat Sanggahan Lelang (Procurement Trick REVEALED!!!! – part 2)

March 27, 2009 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

PIHAK-PIHAK YANG TERKAIT DENGAN PELELANGAN (PENGADAAN BARANG/JASA)

Seni Membuat Surat Sanggahan Lelang (Procurement Trick REVEALED!!!! – part 2)

Setelah mencermati proses pengadaan barang/jasa (lelang) yang dilaksanakan, apakah ada penyimpangan terhadap keppres 80 tahun 2003 dan semua perubahannya atau tidak. Selanjutnya hal-hal yang dapat dijadikan materi sanggahan adalah dengan mencermati pihak-pihak yang terkait dengan pelelangan.

Pihak-pihak yang terkait dengan pelelangan antara lain:

1. Panitia Pengadaan

2. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)

3. Peserta Pengadaan (lelang).

Bagaimana kita dapat mencermati pihak-pihak yang terkait dengan pelelangan, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah antara lain:

1. Periksa kompetensi dari Panitia dan PPK,

Keputusan Presiden RI nomor 80 tahun 2003 dalam pasal 9 dan pasal 10 mengamanatkan bahwa Panitia dan Pejabat Pembuat Komitmen harus mempunyai sertifikat ahli pengadaan. Sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah adalah tanda bukti pengakuan atas kompetensi dan kemampuan profesi  di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah yang merupakan persyaratan seseorang untuk  diangkat sebagai pengguna barang/jasa atau panitia/pejabat pengadaan.

Untuk memperoleh sertifikat ini seorang penitia lelang harus mengikuti ujian yang soal-soalnya relatif sulit, rata-rata kelulusan dari ujian sertifikasi ahli pengadaan biasanya tidak lebih dari 10%. Waktu saya mengikuti ujian ini saja dari 135 orang peserta hanya 7 orang yang lulus ujian 🙁 , bagi yang ingin berlatih soal-soal sertifikasi ahli pengadaan nasional dapat mendownload soal-soal latihan di sini: latihan soal pengadaan barang/jasa.

Dengan sedikitnya ahli pengadaan ini, biasanya tim lelang menyisipkan satu atau dua orang panitia yang belum sertifikat, atau bahkan karena belum ada yg bersertfikat, PPK nya kadang-kadang belum bersertifikat. Untuk itu periksa kompetensi keahlian dari panitia pengadaan. Jangan hanya penyedia jasa saja yang diperiksan kualifikasinya melalui LPJK atau website online lainnya, tapi panitia atau PPK dapat kita periksa juga di website/homepage LPSE: CEK SERTIFIKASI PANITIA/PPK (klik disini untuk memeriksa)

Atau lebih mudahnya kita bisa menggunakan jasa search engine google dengan mengetikan nama panitia atau PPK yang bersangkutan. Inilah hebatnya robot search engine google, meskipun seseorang tidak pernah aktif sekalipun di internet apabila namanya ada di pengumuman kelulusan sebagai ahli pengadaan yang diterbitkan oleh bappenas, maka namanya akan muncul dalam indeks pencarian google dengan format pdf. Silahkan coba saja dua cara ini, dijamin ampuh!!

Sehingga apabila ada panitia atau PPK yang terlibat pengadaan/lelang tapi belum bersetifikat, hal ini merupakan pelanggaran berat terhadap keppres 80 tahun 2003 pasal 9 dan 10. Hal ini bisa dijadikan sebagai materi sanggah yang cukup memberatkan PPK agar pelelangan dapat diulang!!!

2. Periksa Klasifikasi dan Kualifikasi dari Peserta Lelang,

Untuk mengikuti suatu pengadaan barang/jasa (pelelangan) calon penyedia barang/jasa wajib memenuhi klasifikasi dan kualifikasi yang ditentukan oleh Panitia Lelang. Klasifikasi dan Kualifikasi tersebut diantaranya:

1. Bidang dan Sub-Bidang Layanan yang dimiliki.

2. Gred atau kemampuan menangani paket pekerjaan. (Besar atau kecil atau sistem Gred dalam jasa konstruksi).

3. Sertifkasi Perusahaan dan Tenaga Ahli yang dimiliki.

Untuk jasa konstruksi kita dapat ikut memeriksa lawan-lawan kita yang ikut dalam pelelangan dengan memeriksa klasifikasi dan kualifikasi peserta melalui website Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi

Dari menu-menu yang ada kita dapat memeriksa kualifikasi dan klasifikasi dari calon penyedia jasa yang menjadi lawan-lawan kita, apabila ditemukan ketidakcocokan antara persyaratan yang diminta dalam pelelangan dengan klasifikasi dan kualifikasinya maka hal ini dapat dilaporkan kepada panitia untuk dapat dijadikan dasar pengguguran peserta lelang tersebut dan apabila panitia tetap meluluskannya atau bahkan tetap menjadikannya sebagai pemenang, maka hal ini dapat dijadikan sebagai materi sanggah.

Bersambung…

Seni Membuat Surat Sanggahan Lelang (Procurement Trick REVEALED!!!!)
Part -1.    Proses pengadaan barang/jasa,
Part -2.    pihak-pihak yang terkait dengan pengadaan barang/jasa,
Part -3.    barang/jasa yang akan diadakan, dan
Part-4.    hal-hal lainnya yang terkait dengan pengadaan/pemilihan tersebut.

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share
Blog ini adalah versi lama dari heldi.net, silahkan kunjungi Blog baru di www.heldi.net