Istilah-istilah Pengadaan (lelang)

September 17, 2011 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

Berikut adalah Istilah-istilah lelang (pengadaan barang jasa) hasil dari wawancara dengan Bapak Muhammad Nazarudin yang notabene banyak berkecimpuang dalam dunia pengadaan barang jasa pemerintah, silahkan menambahkan di “comment” kurang kalau masih kurang…

Dokter Sp. AD => Dokter Spesialis Ahli Pengguguran Dokumen Penawaran, “Tidak ada Dokumen yang tak Retak” katanya… Bisa-bisa gagal lelang semua nih paket yang ada…

Lelang Kondusif => Hasil sesuai dengan yang diharapkan… (harapan siapa?)

Tengkulak Lelang => pedagang perantara yg membeli dari pemilik pertama pekerjaan, kemudian didistribusikan (dijual lagi…)  ke para anggotanya.

PPK => Pejabat Pembuat Kontrak, sambil menunggu honor resmi… bantu-bantu penyedia membuatkan kontrak… kok yang buat kontrak penyedia sih… ya seharusnya PPK donk yang buat.. iya maka jadi dibuat oleh PPK => Pejabat Pembuat Kontrak…

Paket Gadai => seperti jargonnya pegadaian “menyelesaikan masalah tanpa dengan masalah”

Paket IJON => Durian belum matang juga sudah dijual ke tengkulak

Paket Giringan => Ada uang abang sayang, tidak ada uang tidak ada paket… cape deeehhhh…

Paket Gendongan => “Tak gendong kemana-mana” seperti lagunya Mbah Surip, jadi anggota yang tidak aktif (dalam suatu asosiasi) akan digendong sama mbah Surip 🙂

Calo Paket => “Pahlawan tanpa tanda dengan jasa”  1,5% dari nilai paket

Rental Bendera => Tempat Peminjaman Bendera berbagai Negara dengan fee 1 sd 3 %

Paket SESAR =>Paket yang lahir melalui operasi sesar, karena sudah ditunggu tunggu kehadirannya walau dengan perencanaan yang belum selesai dipaksa keluar… (yang penting tida ada perobahan volume)…

Semoga cepat-cepat hilang deh istilah-istilah ini dari dunia Pengadaan Barang/Jasa…

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share
Blog ini adalah versi lama dari heldi.net, silahkan kunjungi Blog baru di www.heldi.web.id

Comments

7 Responses to “Istilah-istilah Pengadaan (lelang)”
  1. Hey I know this is off topic but I was wondering if you
    knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet
    my newest twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was
    hoping maybe you would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I
    look forward to your new updates.

  2. Hi, just wanted to say, I liked this post. It was practical.
    Keep on posting!

  3. Thanks , I’ve just been searching for information about this subject for a long time and yours is the best I have discovered till now.
    But, what in regards to the conclusion? Are you positive about the source?

  4. Hey there, You’ve done an excellent job. I’ll definitely digg
    it and personally suggest to my friends. I am sure they will be benefited from this site.

  5. Hmm is anyone else experiencing problems with the
    pictures on this blog loading? I’m trying to figure out if
    its a problem on my end or if it’s the blog. Any feedback
    would be greatly appreciated.

  6. Have you ever considered writing an ebook or guest authoring on other blogs?
    I have a blog based upon on the same subjects you discuss and
    would really like to have you share some stories/information. I know my
    subscribers would value your work. If you’re even remotely interested, feel free to shoot me an e-mail.

  7. g says:

    This design is steller! You most certainly know how to keep a reader entertained.
    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Excellent job.
    I really loved what you had to say, and more than that, how you
    presented it. Too cool!

  8. g says:

    Everything is very open with a really clear clarification of the challenges.
    It was definitely informative. Your site is very helpful.

    Thanks for sharing!

  9. g says:

    Thanks very nice blog!

  10. It is not my first time to pay a visit this web page, i am visiting this site dailly and get nice facts from here everyday.

  11. gamefly says:

    Howdy! Do you use Twitter? I’d like to follow
    you if that would be ok. I’m undoubtedly enjoying your
    blog and look forward to new updates.

  12. Ini defenisi istilahnya bikin 😀 …

  13. Cowok Keren says:

    Istilah yang tidak perlu ada sebenarnya,jika Penyedia, Penyelenggara sama- sama profesional… memang perlu bijak menyikapi fenomena tersebut ( maklum jika secara sporadis tidak sesuai dengan adat ketimuran yang cenderung “Jantungan”)

  14. Sugeng says:

    Ada lagi yagn belum bos,,, Paket SESAR yaitu,, karena sudah ditunggu tunggu kehadirannya walau dengan perencanaan yang belum selesai dipaksa keluar… (yang penting tida ada perobahan volume)..hehehe

    • heldi says:

      @sugeng

      iya yah paket SESAR, terutama buat paket-paket APBN/D Perubahan, dipaksa tuh.. akhirnya disesar deh…. 🙂
      saya tambahkan ya… terima kasih atas tambahan istilahnya
      salam pengadaan dari bogor
      heldi

  15. heldi says:

    @obat
    paket yang diberikan kepada para beberapa anggota (asosiasi) yang tidak aktif, jadi ya gendongan… digendong mba surif…
    begitu sih kata anaknya mba surif

  16. jadi maksudnya paket gendongan tuh apa gan?

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. […] Dibuka oleh Bapak Ir. Djamaludin Abubakar, M.Sc, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggahn LKPP yang sebenarnya juga adalah instruktur yang membimbing saya dalam pelatihan sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah pada tahun 2006 dulu waktu jaman Keppres 80/2003 yang hasilnya alhamdullilah saya bisa lulus meskipun hanya L-2, tapi hanya beberapa orang loh dari 120-an lebih peserta), seleksi calon saksi ahli tahun 2011 berlangsung cukup menegangkan dan lumayan menguras pikiran juga. Dari sambutan pembukaan beliau, beberapa hal yang menjadi catatan yang bisa dituliskan dalam blog curhat ini, antara lain, bahwa dibutuhkan niat yang sangat kuat untuk dapat berperan dengan baik dalam dunia pengadaan barang/jasa, karena apabila niat tidak kuat makan iman juga bisa terpeleset, termasuk juga untuk menjadi saksi ahli yang mana bila ada yang sakit hati akibat kesaksian kita atau orang lain yang menjadi “lawan” kita dipersidangan, makayang namanya orang sakit hati maka segala cara tentunya akan dilakukan untuk melampiaskan sakit hatinya. Kemudian untuk membentuk pengadaan yang kredibel selain dibutuhkan reformasi di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah yang sudah dimulai sejak pembentukan LKPP, dibutuhkan reformasi di bidang lain yang dalam praktek pengadaan mempunyai pengaruh yang sangat signifikan, yaitu reformasi di bidang pemerintahan terkait dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah, nah hal ini tentunya sudah mengerti semualah, tidak perlu dijelaskan lagi, apa hubungannya antara pilkada dengan proses pemilihan penyedia barang jasa pemerintah, kalau masih belum mengerti baca saja artikel: istilah-istilah pengadaan barang/jasa. […]



Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.