Prinsip Pengadaan – Whiteboard Animasi Video

October 15, 2015 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Belajar Perpres 54 tahun 2010, Bimbingan Teknis Pengadaan, Pengadaan Barang Jasa

Ini merupakan pilot project saya menjelang akhir tahun 2015 ini, kalau pada tahun 2012 dulu membuat Konsolidasi Perpres 54 tahun 2010 dan perubahannya, kemudian di tahun 2013/2014 berkresi membuat mind mapping Perpres Pengadaan dan Bahan Ajar Tayang Pelatihan Keahlian Dasar Pengadaan. Maka pada tahun 2016 ini dari masukan pa Puji teman dari LAN, dicoba berkreasi dengan membuat semacam whiteboard animasi video.

Rencananya nanti kalau sudah disempurnakan, video tentang pengadaan ini akan ditayangkan di website e-learning LKPP (www.e-learning.lkpp.go.id), nah sebagai konsep awal, maka sementara ini saya buatkan versi curhat pns online nya alias versi www.heldi.net nya, kalau mau versi serius dan versi lebih mantapnya silahkan dibuka di e-learning nya lkpp saja ya.

Oke pada sesi ini kita akan belajar tentang Pinsip Pengadaan, sebelum belajar lainnya yang lebih mengasyikan dalam dunia Pengadaan, Prinsip Pengadaan adalah hal yang mendasar dan materi yang harus benar benar dikuasai dan diresapi benar benar oleh para ahli pengadaan. Karena semua hal yang dilakukan dalam proses pengadaan harus berdasar dan sesuai dengan prinsip pengadaan ini.

Dalam Perpres 54 tahun 2010, prinsip pengadaan ada pada pasal 5 Pasal 5 perpres 54 tahun 2010, dalam pasal 5 ini dijelaskan bahwa ada 7 prinsip pengadaan yang harus dipenuhi ketika melakukan proses pengadaan barang/jasa pemerintah, yaitu:
1. Efektip
2. Efisien
3. Transparan
4. Terbuka
5. Bersaing
6. Adil
7. Akuntabel

Penjelasan tentang masing masing prinsip ini silahkan dilihat di video animasi whiteboard berikut ini ya

 




Bagi yang memerlukan secara offline, tinggal klik kanan saja, “save as”, nanti bisa diputar kembali tanpa harus on line internet ya. Ya bagi para instruktur PBJP bisa istirahat dulu 15 menit dengan variasi video ini ya. Nanti saya akan buatkan latihan soalnya juga ya khusus prinsip pengadaan.
Sementara silahkan di coba dulu video pengadaannya, mohon masukannya ya di komentar di bawah ini. Terima kasih dan salam pengadaan dari Bogor.

Lihat Video dan Materi Pengadaan lainnya:
PRINSIP PENGADAAN
BUKTI PERJANJIAN
ETIKA PENGADAAN – CONFLICT OF INTEREST
video grafis LKPP dan KPK
Latihan Soal & Jawaban Ujian Sertifikasi Pengadaan
Perpres 4 tahun 2015 – Latihan Soal Online Ujian Seritifikasi Pengadaan
Buku Konsolidasi Perpres 54 tahun 2010 dan semua perubahannya
Latihan Soal Online

Kembali ke Menu Utama BELAJAR PENGADAAN (klik di sini)

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share
Blog ini adalah versi lama dari heldi.net, silahkan kunjungi Blog baru di www.heldi.net